Tuesday 3 September 2013

SYARAT YANG PERTAMA BAGI CALON SEORANG ISTRI IDEAL YANG HARUS MEMILIKI KEISTIMEWAAN


A.   Memiliki Keistimewaan

“Wanita dinikahi karena empat perkara ; (1) Karena Harta bendanya, (2) Karena Keturunannya, (3) Karena kecantikannya, dan (4) Karena Agamanya, Maka pilihlah wanita yang memiliki Agama, Pasti kamu beruntung.” (HR.Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah ra.).

       Pertama, yang paling utama pada diri seorang wanita adalah keempat faktor  dimiliki semuanya. Misalnya dia cantik tapi juga beragama, dia kaya juga beragama, dan seterusnya, tapi model wanita seperti itu 1001 yang didunia.

       Maka pilihlah wanita yang baik, dari keturunan yang baik, berkebiasaan atau berkepribadian yang baik. Jangan mengawini atau menikahi dia karena dari keturunan berharta,atau jangan mengawanini janda karena berbau kembang dan berharta warisan suami pertama. 

       Sabda Rosululloh Saw; “ Dan janganlah kamu mengawini wanita karena hartanya, mungkin dengan sebab harta itu dia bisa menyombongkan diri.” (HR. Ibnu Majjah, Al-Bazzar,Al-Baihaqi, dari Abdullah bin Umar ra).

       Kedua, Jangan kawini dia hanya karena dari keluarga berketurunan baik, berpangkat, mulia tapi masalah agama kosong, 
       sebab sabda Nabi Saw : “ Barang siapa yang mengawini seorang wanita karena kemulyaannya, Maka Allah tidak akan memberikan kecuali kehinaan.” ( Hadits dari Abu Nu’aim, dari Anas ra).

       Ketiga : Janganlah mendasari pernikahan itu karena dia Cantik. Kita boleh mengawini wanita Cantik bahkan kalau mampu pun diharuskan, tapi kedudukan Cantik jangan diprioritaskan, sebab kalau mengutamakan Kecantikan sebagai dorongan utama menikahi dia, maka akibatnya sudah disinyalir oleh Rosululloh Saw. 

       Dalam sabdanya :  “ Janganlah kalian mengawini wanita karena dia cantik, mungkin karena Kecantikannya itu bisa mencelakakan.” (HR. Ibnu Majjah, Al-Bazzar,Al-Baihaqi, dari Abdullah bin Umar ra).

Kecantikan itu kekuasaan. Dia mampu menguasai segala bentuk dibawahnya termasuk laki-laki dan bahkan harta termegah sekalipun. Sayangnya kebanyakan wanita menggunakan kekuasaan tersebut sebagai pemicu kesombongan dan pemuas nafsu, di mana kecantikan zaman sekarang sudah menjadi baying-bayang yang menyulitkan zaman.

       Kita boleh memilih wanita cantik dengan syarat lulur budinya. Juga disabdakan Rosululloh Saw :  “ Sebaik-baik wanita ialah kalau kamu memandangnya bisa menyenangkan; kalau kamu perintah ia mematuhimu; kalau kamu beri bagian ia bisa menerimanya: dan kalau kamu pergi, ia akan menjaga dirinya dan menjaga hartamu.” (HR.Nasa’I dan lain-lain).

       “ Ialah kalau kamu memandang bisa menyenangkan.” Setidak-tidaknya punya wajah Cantik atau Terawat. Tidak ada bandingannya kecuali isteri saya. Boleh ! Tapi sebagai peringatan bahwa Kecantikan itu membahayakan kalau pihak lelaki tidak mengusai kecantikan tersebut, sebab kecantikan itu sendiri kekuasaan.

       Keempat : adalah dia Beragama. Tiga faktor pilihan sebelumnya sekedar contoh, sebab wanita tidak hanya tergantung pada harta, cantik, dari keturunan baik, Karena kelebihan wanita itu banyak. Akan tetapi diantara kelebihan-kelebihan wanita yang menjadi sebab terpilihnya ia sebagai calon pendamping , missal Anda mengawini mungkin karena dia tinggal kiprahnya di masyarakat, keterampilannya, senyumnya, dan lain-lain ; Namun semua harus ada pertimbangan secara agamis, dan pesan Rosululloh Saw. Harus diutamakan agamanya.

No comments: