Tuesday 3 September 2013

SYARAT YANG KELIMA BAGI CALON ISTRI YANG IDEAL HARUS DIMILIKI ADALAH MENGUTAMAKAN GADIS ATAU PERAWAN


5.   Mengutamakan Gadis atau Perawan

       Banyak kelebihan Gadis dibanding Janda. Konon seorang janda tidak ada kehangatan dan ia pun sering membandingkan antara suami yang pertama dengan yang sekarang, sehingga kelak dalam pernikahan ada saja masalah-masalah kecil yang menghambarkan kekeluargaan.

       Maksudnya seorang pemuda sebaiknya mengutamakan gadis dari pada janda. Sebab pemuda jejaka memang Kufu-nya (keserasian) untuk gadis. Dia belum banyak berpengalaman dalam berkeluarga, mendidik, atau mengasuh anak atau bahkan membawahi isteri. Dengan begitu cocok dia mengarungi bersama seorang gadis guna berjalan bersama dalam satu keseimbangan kekeluargaan.

       Selain itu ada beberapa keuntungan memilih seorang gadis. Sabda Nabi Saw: “ Hendaknya kalian menikah dengan seorang gadis, sebab ia lebih lembut mulutnya, lebih lengkap rahimnya, tidak terfikir untuk berbuat serong dan lebih menerima keadaan.” (HR. Ibnu Majjah dan Baihaqi, dari Umaimir bin Saidah ra).

Sabda Nabi Saw: “ Bilamana engkau memilih seorang gadis, engkau bisa bergurau dengan kamu.” (Hadits Syarif).

“ Pernikahan Jabir dengan janda kemudian ditegur oleh Rasulullah Saw.; kenapa menikah dengan janda? Jabir menjawab : Ya Rasulullah, ayahku, Abdullah, meninggal dunia, dan dia meninggalkan 7 anak-anak yang masih kecil-kecil dan perlu perawatan. Untuk itu aku terpaksa menikah dengan seorang wanita yang mampu mengasuh mereka. “ (HR. Lima Perawi, dari Jabir bin Abdullah ra).

No comments: