Monday 2 September 2013

5. SEBELUM MELANGSUNGKAN PERNIKAHAN HARUS TELITI TERLEBIH DAHULU SEBELUM ANDA MEMBELI


   5.     “ Teliti Sebelum Membeli “
       Jika calon itu telah didapatkan baik hasil pilihan sendiri atau hasil pencarian orang-orang kepercayaan, maka bukanlah langkah bijaksana jika tergesa-gesa menuju pelaminan, perlu kehati-hatian karena banyak kasus, suami lari setelah merenggut kesucian seorang gadis pada masa pernikahan baru berlangsung beberapa hari. Istilahnya jangan sampai terjadi membeli kucing dalam karung. Jadi Telitilah sebelum membeli agar tidak menyesal dikemudian hari.
       Penelitian itu hubungannya dengan syarat agama seperti yang dipaparkan pada bab terdahulu, latar belakang pendidikannya, keluarganya dan akhlaknya. Penelitian bisa melalui pengamatan langsung atau meminta bantuan pihak ketiga yang dapat dipercaya.
       Penelitian ini dianjurkan oleh Rosululloh Saw:
“ Dari Mughirah bin Syu’bah, ia pernah meminang seorang wanita, lalu Rosululloh Saw bersabda kepadanya, “ sudahkah kamu melihat dia ? “ Jawabnya,  “ belum”. Sabdanya : Lihatlah dia terlebih dahulu agar nantinya kamu berdua bisa hidup bersama lebih langgeng (dalam keserasian rumah tangga). “ (HR. Nasa’i).
     Jika setelah diteliti ternyata calonnya itu berbohong atau memberikan data palsu sebelumnya, Maka dapat diputuskan segera. Namun jika benar-benar sesuai dengan keinginan dan ia memang benar-benar calon yang diharapkan, maka jangan menunggu-nunggu lagi segera Kepelaminan (untuk melangsungkan suatu pernikahan).

No comments: